Perpanjangan Paspor di Imigrasi Kelas II Karawang (Online)

Sorry, this page is in Indonesian. To read in English please use Google Translated Page

Tidak terasa sudah 5 tahun paspor pertama ini telah dikeluarkan, artinya…. harus melakukan perpanjangan lagi T_T (ya, masa berlaku paspor Indonesia adalah 5 tahun) dan yang membuat ini menjadi makin susah adalah KTP saya Surabaya tapi sekarang kerja di Cikarang.

Benarkah susah? Hmm kenyataannya tidak terlalu asalkan “sedikit” berusaha. Okay mari kita ke poin poin bagaimana cerita saya melakukan perpanjangan (atau membuat, kurang lebih sama) paspor ini.

Pertama, pastikan syarat syarat untuk melakukan perpanjangan paspor sudah siap (dokumen asli dan fotokopi minimal 1, untuk hasil fotokopi di kertas A4 jangan dipotong biarkan saja misalnya fotokopi KTP sisa ruang banyak)

  1. KTP Asli dan Fotokopi
  2. Kartu Keluarga (KK) Asli dan Fotokopi
  3. Akte Kelahiran/Ijazah Asli dan Fotokopi
  4. Paspor Lama Asli dan Fotokopi
  5. Materai Rp. 6000 1 lembar
  6. Surat Domisili (mungkin diminta untuk yang ke kantor imigrasi non-domisili)
  7. Bukti pembayaran dari bank (tahap kedua)
  8. Print-out formulir pendaftaran dan tanggal wawancara (tahap kedua)

Kedua, masuk ke website dirjen imigrasi di http://imigrasi.go.id dan cari link ke pelayanan paspor online atau klik disini (jika belum berubah). Disanalah proses registrasi permohonan dilakukan, bila tidak menggunakan sistem online kita harus datang ke kantor imigrasi dan memerlukan 3 kali datang (daftar, wawancara, pengambilan) tapi jika online maka proses daftar tanpa perlu ke kantor imigrasi. Nah untuk urusan pendaftaran online ini saya nggak akan bahas panjang lebar, banyak blog lain yang sudah membahasnya misalnya disini atau disini, intinya adalah:

  1. Daftar, masukkan data-data
  2. Print out bukti pendaftaran/pengantar bank (di email)
  3. Ke teller bank BNI terdekat
  4. Simpan bukti pembayaran (biasanya rangkap 2, 1 untuk wawancara, 1 untuk pengambilan paspornya)
  5. Masuk lagi ke website paspor online imigrasi (link di email)
  6. Masukkan nomor konfirmasi pembayaran dari bank (di bukti pembayaran)
  7. Pilih tanggal kedatangan untuk wawancara
  8. Print out formulir pendaftaran (di email kedua)

Selesai… mungkin ada yang bingung, dibeberapa blog ada yang upload dokumen scan2an tapi waktu coba tidak ada yang untuk upload dokumen (saya juga bingung) nah ternyata sekarang sudah tidak perlu upload scan dokumen jadi tinggal datang dan bawa aslinya saja.

Ketiga, datanglah ke kantor imigrasi terdekat dari lokasi anda, nah imigrasinya tidak harus imigrasi asal anda membuat paspor sebelumnya ataupun imigrasi domisili, seperti saya domisili dan paspor sebelumnya dibuat di Surabaya tapi karena urusan cari makan jadi milihnya imigrasi Karawang. Kantor imigrasi karawang ini cukup mudah diakses daripada Bekasi dan Jakarta bagi penghuni Cikarang, Karawang, Cikampek dan sekitarnya. Cukup masuk tol cikampek dan keluar di pintu tol Karawang Barat, ambil arah kota, jangan yang kawasan industri. Dari akses tol cukup lurus terus naik flyover sampe mentok di daerah kota lalu belok kanan, lurus sampai lampu merah pertama belok kiri (kantornya dipojokan lampu merah tapi pintu masuknya harus belok kiri dulu)

Untuk kedatangan, saya sarankan anda sudah tiba di lokasi jam 7.30 karena disini nomor antrian sudah mulai dibagikan. Untuk yang online, letakkan saja berkas berkas yang sudah disiapkan ditempat yang disediakan, nanti petugas akan verifikasi dan memanggil nama untuk memberikan nomor antrian wawancara. Nomor antrian dibagi menjadi 3 yaitu priority (lansia, balita, ibu hamil, orang sakit, disabilitas, dll), walk-in (yang mendaftar non-online), dan online. Nah, waktu itu saya datang jam 8 dan sudah mendapat nomor antrian online 13, lumayan juga nunggunya jadi jam 8 datang, sekitar jam 11 baru selesai proses tahap 3 ini.

Keempat, dan yang terakhir adalah pengambilan paspor rata rata 3-5 hari kerja sesuai yang diinformasikan petugas saat wawancara. Pada saat pengambilan tidak perlu datang pagi pagi seperti wawancara, karena kita cuma menyerahkan berkas print out pendaftaran dan bukti pembayaran. Tunggu dipanggil dan dapat paspor baru, fotokopi di koperasi dan serahkan fotokopian ke petugas imigrasinya. Selesai, pulang dengan paspor baru….

PS: Untuk info antrian kantor imigrasi di daerah DKI Jakarta juga bisa diakses online di http://infoantrianpaspor.imigrasi.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation