Lupa PIN Kartu ATM Bank Mandiri

Sorry, this page is in Indonesian. To read in English please use Google Translated Page

Dongg!!! Mungkin blog post ini cocok dibaca untuk para pejuang senasib dengan apa yang terjadi kepada saya. Lupa PIN Kartu ATM, dan kali ini mengenai ATM dari Bank Mandiri. Untuk itu silahkan lanjutkan membaca cerita ini untuk mengetahui bagaimana proses mendapatkan kembali PIN anda.

Pertama pastikan anda tidak termasuk orang dengan kasus dibawah ini, karena solusi ini mungkin tidak berlaku untuk kondisi anda:

  1. Kartu ATM Hilang
  2. Buku Tabungan Hilang
  3. Tidak punya KTP/Identitas pembuatan rekening
  4. PIN yang lupa bukan PIN ATM Mandiri
  5. Tidak memiliki rekening Bank mandiri

Kemudian setelah memastikan anda bukan termasuk golongan orang diatas, silahkan ikuti langkah langkah ini:

  1. Cari cabang Bank Mandiri terdekat (tidak harus cabang pembukaan rekening)
  2. Siapkan Buku Tabungan, Kartu ATM Mandiri, dan KTP anda
  3. Lebih baik ingat saldo dan transaksi terakhir anda, umumnya akan digunakan sebagai konfirmasi data
  4. Datanglah ke cabang tersebut dengan menggunakan transportasi yang paling aman dan nyaman
  5. Datanglah ke cabang tersebut pada jam kerja bank, antara 08.00 – 15.00
  6. Umumnya ada security yang akan bertanya keperluan anda, sampaikan jika ingin mendapatkan PIN atau lupa PIN
  7. Ambil nomor antrian untuk Customer Service (ini penting karena tanpa nomor antrian, selama apapun anda menunggu tidak akan dilayani)
  8. Isi form keluhan/permintaan Bank Mandiri, tanyakan pada security bila kurang mengerti
  9. Tunggu nomor antrian anda dipanggil dan jangan sampai terlewat
  10. Di customer service sampaikan anda ingin mengganti PIN karena lupa PIN asli
  11. Setelah menunggu proses…………. anda mungkin akan diminta untuk ke Teller untuk memasukkan PIN baru anda
  12. Di bagian teller, petugas akan menggesekkan kartu anda dan meminta anda untuk memasukkan PIN baru
  13. Selesai, ATM anda akan bisa digunakan sekitar 30 menit – 1 jam dari saat itu.

PS: Proses ini ternyata dikenai biaya Rp. 5000

17 Thoughts on “Lupa PIN Kartu ATM Bank Mandiri

  1. Saya mw tanya . Saya pnya atm mandiri tpi saat ini sudah tidak di gunakan lagi selama 3th . Semenjak saya keluar dari pkerjaan saya. . Dan sakarang saya ingin mengunakan ATM lgi tpi saya lupa kata sandi y dan buku rekening y pun sudah hilang gk tw kemna . Apa masih bisa di pergunakan lgi

    • Yang sudah pasti masih bisa dipergunakan karena itu sudah hak dan milik anda, namun mungkin prosedurnya lebih ribet karena buku bank biasanya yang dijadikan bukti utama kepemilikan.
      Sebaiknya kartu ATMnya tidak ikut hilang agar pihak bank lebih mudah untuk melacak rekeningnya, tapi menurut saya kemungkinan harus membuat surat kehilangan buku bank di polisi.

      Untuk lebih jelasnya bisa call mandiri di 14000

  2. indra s. on September 6, 2015 at 2:57 pm said:

    Saya mau tanya. Saya punya atm mandiri selama 8bln ini tidak melakukan transaksi apapun. Apakah rekeningnya sudah di blok atau masih bisa di pergunakan kembali?. Mohon pencerahanya

  3. saya bawa atm kk saya tp saya lupa pinnya trus gmna apa bisa pakek ktp saya sendirii

  4. Gini Kak, tante saya nitip kartu atm sama buku rekeningnya, isinya jg ngga seberapa, cuman saya pengen narik uang trus pin ATM nya saya ngga tau, gimana dong? Saya mau reset di ATM terdekat, tp takut ngga dipercaya, umur saya msh 16 ATm msh atas nama tante saya

    • Mungkin bisa tanya langsung ke tantenya 🙂

      Walaupun sudah cukup umurpun untuk reset PIN yang rekeningnya bukan milik sendiri pasti ribet karena harus diverifikasi dulu, paling tidak peru surat kuasa dari pemilik rekening asli

  5. .. gw kn pindah kerja , trus di kasih atm m buku tbungan baru ,, nah yg mau gw tanyaiin ,, pin y tuh dmn ??

    • Seharusnya perusahaan cuma bisa kasih surat pengantar untuk pembukaan rekening, tapi kalo memang dibuatin sama kantor bisa tanya ke HRDnya karena PIN biasanya dibuat langsung saat pembukaan rekening atau di dalam amplop kartu ATM.

      Kalo akhirnya memang ga ada bisa ke bank untuk reset PIN asalkan rekeningnya memang atas nama anda.

  6. Tin Purindah on May 30, 2016 at 6:25 pm said:

    Saya mau tanya, sekarang aku ada diluar negeri sebelum berangkat pas PAP’n ada promosi tntang bank mandiri trus saya ikut daftar dan dikasih semua y dksh PIN y juga cuma aku lupa PIN y dan tdk diisi bberapa bulan skitar 4bln, apa kalau saya menabung nyampe direkening aku terus apa pas di indo uang y bisa diambil, aku takut kalau tidak nyampe direkening atau rekening y kadaluarsa atau di blok gtu?

    • imkrisna on June 5, 2016 at 11:45 am said:

      Pasti bisa diambil asalkan anda bisa membuktikan rekening tersebut memang milik anda, mungkin butuh KTP dan pastikan nama yang di rekening dan ktp sama. Jika sudah terverifikasi bisa minta lagi PINnya sesuai prosedur lupa PIN seharusnya tidak masalah

  7. Adelia on January 7, 2017 at 2:20 pm said:

    K kalo saya kan punya atm mandiri yang simpel alias simpanan pelajar nah saya lupa pin trus klo udh 3 kali ke blok gk??? Trus Bisa ganti pin juga ke mandiri????

    • imkrisna on January 8, 2017 at 9:29 am said:

      Hi Adelia,

      Iya bisa langsung ke cabang mandiri saja untuk ganti PIN, jangan lupa bawa kartu identitas dan buku tabungan sesuai pemilik rekeningnya ya

  8. Bang,aku ada atm mandiri nih,naah ini atm almarhum abang ku, naah aku enggak tau pin nya, bukunya pun entah ada nya dimna, aku mau minta pin baru gimna tuh bang? Palingan aku ada ktp nya dia sim dan stnk motor nya doang bang? Gimna Tolong jawabannya ya mas

  9. nur afiqah on May 4, 2017 at 12:08 pm said:

    cara-caranya bisa dipake juga untuk atm mandiri tabunganku ngga ya kak? atau cuma untuk atm mandiri yang biasa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation